teori organisasi umum


Struktur Organisasi

·       Struktur organisasi merupakan cara suatu organisasi dalam mengatur sumber daya yang terlibat didalamnya.

·       Struktur organisasi pada hakikatnya adalah suatu cara untuk menata unsur-unsur dalam organisasi dengan sebaik-baiknya, demi mencapai berbagai tujuan yang telah ditetapkan (Kusdi dalam Gammahendra, F, dkk., 2014).

·       Salah satu indikator dari struktur organisasi adalah tingkat sentralisasi dalam pengambilan keputusan. Ketika kebebasan dan tanggung jawab diberikan untuk pembuatan keputusan maka ide-ide baru akan dilahirkan. Struktur ini dapat  mempengaruhi kinerja karena adanya desentralisasi dalam pengambilan keputusan (Juniarti, A. T., 2009).




Sistem Manajemen Mutu

·       Sistem manajemen mutu dibangun sebagai satu kesatuan dari manajemen kualitas dimana kebanyakan strukturnya menyesuaikan dengan standar yang terdapat dalam seri ISO 9000. Dengan ISO9000 maka dapat dilakukan penghematan biaya melalui pencegahan terjadinya kegagalan sehingga kualitas dapat terjaga dengan baik.

·       Sistem Manajemen Mutu (SMM) merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk manajemen sistem yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu.

·       Salah satu faktor utama yang berpotensi menjadi hambatan dalam penerapan manajemen kualitas adalah masalah komunikasi (Soekiman & Natalia, 2009).

·       Masalah komunikasi juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam mengukur keberhasilan jalannya suatu organisasi.



Struktur Organisasi Manajemen  Kualitas  pada kontaktor besar  di Indonesia

·       Struktur organisasi manajemen kualitas pada kontraktor besar di Indonesia dapat dibedakan menjadi struktur organisasi manajemen kualitas pada perusahaan dan struktur organisasi manajemen kualitas pada proyek.



Struktur Organisasi Manajemen  Kualitas  pada perusahaan

·       tiga tipe struktur organisasi perusahaan yang menggambarkan wakil manajemen (management representative) pada kontraktor besar
o   Posisi Wakil Manajemen Tipe 1 ini berada dibawah direktorat khusus yang membawahi divisi/biro sistem manajemen kualitas.

o   Posisi wakil manajemen Tipe 2 ini berada dibawah dua atau lebih direktorat perusahaan. direktorat yang membawahi divisi/biro sistem manajemen kualitas dalam struktur organisasi tipe ini adalah pemisahan antara Direktur Operasi dan Direktur Pengembangan & SDM.

o   Posisi wakil manajemen Tipe 3 ini berada di luar struktur inti organisasi, bersifat independen dan mandiri.



Struktur Organisasi Manajemen Kualitas Pada Proyek

·       3 tipe bentuk umum struktur organisasi di proyek terkait dengan project representative.
o   Posisi wakil proyek Tipe 1 , peranan suatu bagian yang disebut sebagai Quality Pass yang fungsinya adalah membantu manajer proyek dalam melakukan pengawasan terhadap keseluruhan bagian dalam organisasi.

o   Posisi wakil proyek Tipe 2 , menggambarkan peranan suatu bagian manajemen kualitas dengan istilah Quality Control (QC) / Quality Assurance (QA) yang berada pada tingkat seksi / bidang yang bertanggungjawab langsung kepada Manajer Proyek terhadap manajemen kualitas proyek secara keseluruhan

o   Posisi wakil proyek Tipe 3, posisi Quality Control (QC) / Quality Assurance (QA) berada sejajar dengan posisi Safety, Health & Environment(SHE) Representatif dan merupakan wakil dari Manajer Proyek dalam  pelaksanaan dan pengawasan terhadap sistem manajemen proyek secara keseluruhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

karya ilmiah goa pindul

karya ilmiah dampak lingkungan pabrik bakpia pathok

sejarah kerajaan islam pontianak