teori organisasi umum
Struktur Organisasi
·
Struktur organisasi merupakan cara suatu
organisasi dalam mengatur sumber daya yang terlibat didalamnya.
·
Struktur organisasi pada hakikatnya adalah suatu
cara untuk menata unsur-unsur dalam organisasi dengan sebaik-baiknya, demi
mencapai berbagai tujuan yang telah ditetapkan (Kusdi dalam Gammahendra, F,
dkk., 2014).
·
Salah satu indikator dari struktur organisasi
adalah tingkat sentralisasi dalam pengambilan keputusan. Ketika kebebasan dan
tanggung jawab diberikan untuk pembuatan keputusan maka ide-ide baru akan
dilahirkan. Struktur ini dapat
mempengaruhi kinerja karena adanya desentralisasi dalam pengambilan
keputusan (Juniarti, A. T., 2009).
Sistem Manajemen Mutu
·
Sistem manajemen mutu dibangun sebagai satu
kesatuan dari manajemen kualitas dimana kebanyakan strukturnya menyesuaikan
dengan standar yang terdapat dalam seri ISO 9000. Dengan ISO9000 maka dapat
dilakukan penghematan biaya melalui pencegahan terjadinya kegagalan sehingga
kualitas dapat terjaga dengan baik.
·
Sistem Manajemen Mutu (SMM) merupakan sekumpulan
prosedur terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk manajemen sistem yang
bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk terhadap kebutuhan
atau persyaratan tertentu.
·
Salah satu faktor utama yang berpotensi menjadi
hambatan dalam penerapan manajemen kualitas adalah masalah komunikasi (Soekiman
& Natalia, 2009).
·
Masalah komunikasi juga merupakan salah satu hal
yang sangat penting dalam mengukur keberhasilan jalannya suatu organisasi.
Struktur
Organisasi Manajemen Kualitas pada kontaktor besar di Indonesia
·
Struktur organisasi manajemen kualitas pada
kontraktor besar di Indonesia dapat dibedakan menjadi struktur organisasi
manajemen kualitas pada perusahaan dan struktur organisasi manajemen kualitas
pada proyek.
Struktur Organisasi Manajemen
Kualitas pada perusahaan
·
tiga tipe struktur organisasi perusahaan yang
menggambarkan wakil manajemen (management
representative) pada kontraktor besar
o Posisi
Wakil Manajemen Tipe 1 ini berada dibawah direktorat khusus yang membawahi
divisi/biro sistem manajemen kualitas.
o Posisi
wakil manajemen Tipe 2 ini berada dibawah dua atau lebih direktorat perusahaan.
direktorat yang membawahi divisi/biro sistem manajemen kualitas dalam struktur
organisasi tipe ini adalah pemisahan antara Direktur Operasi dan Direktur Pengembangan & SDM.
o Posisi
wakil manajemen Tipe 3 ini berada di luar struktur inti organisasi, bersifat independen dan mandiri.
Struktur Organisasi Manajemen Kualitas Pada Proyek
·
3 tipe bentuk umum struktur organisasi di proyek
terkait dengan project representative.
o
Posisi
wakil proyek Tipe 1 , peranan suatu bagian yang disebut sebagai Quality
Pass yang fungsinya adalah membantu manajer proyek dalam melakukan
pengawasan terhadap keseluruhan bagian dalam organisasi.
o
Posisi
wakil proyek Tipe 2 , menggambarkan peranan suatu bagian manajemen kualitas
dengan istilah Quality Control (QC) / Quality Assurance (QA) yang berada pada
tingkat seksi / bidang yang bertanggungjawab langsung kepada Manajer Proyek
terhadap manajemen kualitas proyek secara keseluruhan
o Posisi wakil proyek Tipe 3, posisi Quality
Control (QC) / Quality Assurance (QA) berada sejajar dengan posisi Safety, Health & Environment(SHE)
Representatif dan merupakan wakil dari Manajer Proyek dalam pelaksanaan dan pengawasan terhadap sistem
manajemen proyek secara keseluruhan.
Komentar